Aksi Donor Darah Untuk Sesama

Pada hari Minggu, 27 Oktober 2019 GKI Salatiga dalam kegiatan bulan keluarga mengadakan aksi donor darah pada pukul 8.30 WIB. Kegiatan donor darah ini pun sudah menjadi hal yang tak asing untuk jemaat di GKI Salatiga. Pasalnya, setiap 6 bulan sekali PMI yang didukung oleh GKI Salatiga melakukan aksi donor darah di gereja ini.  Aksi ini dilaksanakan di dalam Aula 1 GKI Salatiga dan diikuti oleh sekitar 20 pendonor. Karena bertepatan dengan bulan keluarga maka, kegiatan donor darah kali ini diambil alih oleh panitia bulan keluarga. Panitia bulan keluarga berharap melalui aksi donor darah ini, jemaat diberi ruang untuk peduli dengan sesama. “Ini kesempatan untuk kita menolong sesama melalui kegiatan donor darah ini, karena keluarga kita bukan hanya keluarga yang berada di dalam rumah kita, melainkan masih banyak keluarga kita diluar sana yang perlu kita tolong,” tutur ketua panitia bulan keluarga, Ibu Desy. 

Sebelum mendonorkan darah, sekitar 20 calon pendonor yang sudah mendaftar harus melewati pemeriksaan kesehatan untuk memastikan keamanan darah bagi penerima dan kesehatan pendonor agar tetap baik setelah mendonorkan darah. Berikut adalah beberapa syarat yang harus diketahui untuk bisa jadi pendonor:

 

  1.   Berusia 17-60 tahun
  2.   Berat badan minimal 45 kg
  3.   Suhu tubuh 36,6-37,5 derajat celcius
  4.   Tekanan darah berada pada rentang sistole 110-160 mmHg dan diastole 70-100 mmHg
  5.   Maksimal sebanyak 5 kali donor per orang dalam setahun dengan jarak minimal 3 bulan 

 

Setelah persyaratan sudah terpenuhi, maka petugas PMI akan mulai melakukan aksinya. Salah satu petugas PMI, Ibu Maliha menjelaskan bahwa, “Kami dari PMI sangat berterimakasih karena sampai sekarang hubungan antara GKI Salatiga dan PMI boleh terjalin dengan sangat baik, kami berterimakasih karena jemaat GKI Salatiga telah mendonorkan darahnya untuk orang-orang yang membutuhkan.” Dan PMI pun berharap agar kedepannya saat akan diadakan kegiatan donor darah, semoga pihak humas dari GKI Salatiga dapat mempromosikan kegiatan ini lebih lagi, agar semakin banyak juga respon baik dari jemaat untuk mendonorkan darahnya bagi masyarakat yang membutuhkan. “Kami sangat membutuhkan pendonor darah sebanyak mungkin, hal ini dikarenakan oleh banyaknya kebutuhan darah untuk daerah Salatiga dan sekitarnya, yaitu mencapai 800 kantong darah per bulan”, tambah Ibu Maliha.  

Terlepas dari berapapun kuantitas pendonor dan bagaimanapun motivasi mereka dalam mengikuti aksi pada hari itu, PMI dan panitia bulan keluarga percaya bahwa setiap kantong darah yang dikumpulkan di GKI Salatiga niscaya akan membantu orang orang yang memerlukan. Dan yang lebih penting adalah bagaimana aksi nyata mereka memberi dampak yang berarti pada masyarakat. (WKP)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.